Senin, 15 Desember 2014

Mesin Jahit Portable




mesin jahit portable

Dari saat kewaktu perubahan tehnologi makin maju. Dari yang semula serba manual, saat ini banyak terwujud beragam alat atau mesin manfaat menolong atau memudahkan pekerjaan manusia, salah satunya yakni mesin jahit. Dipasaran, ada banyak type mesin jahit portable yang dapat diambil. Butterfly, Singer, janome, Messina, Juki serta sebagian merk populer yang lain. 

Untuk Anda yang saat ini tengah memerlukan mesin jahit portable, baiknya Anda memperhitungkan serta memperbandingkan terlebih dulu sebagian mesin jahit dari beragam merk. Cocokkan juga dengan harga nya yang sesuai sama dana yang Anda punyai. Berikut ini terdapat banyak harga mesin jahit portable dari sebagian merk. 



Harga Mesin Jahit Portable serta Fiturnya 
Mesin Jahit Portable Mini (Generasi 1)

Size 20 x 15, 5 x 8, 5 cm 
Weight 500gr 
Kecepatan pengoprasian bisa ditata. 
Menggunakan 4 baterai AA atau adaptor 6 Volt 
Menggunakan 1 benang. 
Design kecil serta menarik 
Enteng serta mudah dibawa-bawa. 
Waktu menjahit tak bising. 
Harga Mesin Jahit Portable Janome LR1122 
Waktu menjahit tak bising 
Dapat dipakai untuk menjahit semua type ketebalan bahan maximal terpal marinir 
Ada pemutus benang 
Dapat double needle 
Ada penyusunan lebar zig-zag 
4 langkah buat lubang kancing otomatis 
5 pola bordiran serta 18 monostitch 
Jahit lurus, zig – zag, semi neci, semi obras serta sum 
Sparepartnya gampang dicari 
Mesin Jahit Portable Mini GT 202/S2 (Generasi 2) Rp300. 000 

Weight 1kg 
Size 24 x 22 x 14 cm 
Menggunakan 4 baterai AA atau adaptor 6 Volt 
Ukurannya kecil 
Kecepatan pengoprasian bisa ditata. 
Menggunakan 2 benang. 
Langkah pemakaiannya praktis serta gampang.

Dengan adanya mesin jahitportable ini memudahkan bagi para pemula yang inign belajar menjahit.harganya pun cukup murah.

Rabu, 19 November 2014

Tips dan trik menjahit bagi para pemula atau amatiran tanpa kursus dan mudah di praktekan

Menjahit merupakan pekerjaan yang gamapng-gampang susah.selain tingkat keulitan yang bervariasi,juga di tentukan oleh skill penjahitnya.
Mesin jahit yang di gunakn pun bervariasi bagi para pemula.ada mesin jahit manual,mesin jahit listrik,mesin jahit portable,dll.
Mesin yang di gunakan pun bervariasi harganya.ada yang mesin jahit murah,da nada juga mesin jahit yang mahaL.Menurut saya bagi para pemula,pakailah mesin jahit yang harganya relative murah.contohnya seperti mesin jahit portable,atau mesin jahit portable 2 benang.

Belajar menjahit emang butuh ketekunan, gak ada istilah gak bakat kalo kita memang serius berusaha, kuncinya adalah berlatih dan berlatih, semakin anda berlatih maka kesalahan yang dibuat akan semakin sedikit dan hasil jahitan kita akan semakin rapi dan halus.

Tips yang bisa saya bagikan adalah...

Pertama  :  beli aja kain yang murah, kalo di daerah saya sih beli kain yang dijual kiloan, harganya murah dan kalo kita pintar milihnya bisa dapet yang bagus, belilah kain tiga atau empat potong sebagai stok, jadi kalo pas kita lagi mood atau gak ada kegiatan bisa  langsung kita jahit.

Kedua : untuk awal belajar menjahit, jahitlah baju santai yang dipakai sehari-hari dirumah dengan model sederhana  untuk keluarga/famili terdekat misal untuk anak, ibu atau untuk suami.

·                     Pilih model yang sederhana agar tidak terlalu ribet dan tidak membuat banyak kesalahan yang akan membuat anda yang baru belajar kehilangan semangat bahkan berputus asa dalam melanjutkan belajar menjahit, ntar kalo udah agak mahir barulah meningkatkan kemampuan dengan memilih model yang sedikit lebih sulit. 
·                     Sedangkan memilih menjahit pakaian sehari-hari dirumah agar walaupun hasil jahitan anda kurang rapi mereka tiak malu memakainya karena hanya untuk dipakai dirumah saja dan tidak harus bertemu banyak orang
·                     Pilih menjahit untuk keluarga / family  adalah agar anda bisa meminta pendapat mereka apa kekurangan yang ada di jahitan anda, nanti kalo mereka semua sudah cocok berarti anda sudah berhasil.
·                     Pilihalah mesin jahit yang mudah di gunakan dan harganya relative murah.seperti mesin jahit portable.dan kalian bisa dapatkan disini

Ketiga : jangan lupa untuk belajar dari jahitan orang lain yang sudah profesional, caranya anda jahitkan satu baju ke mereka untuk anda pelajari, teknik jahitannya seperti apa, bagian mana saja yang harus diberi lapisan dst. 



Senin, 17 November 2014

Serba serbi mesin jahit dan cara perawatannya

Mesin Jahit merupakan suatu alat yang penting dalam dunia konveksi, Mesin jahit  juga telah berkembang sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi. Berbagai
merk dan jenis mesin jahit yang sudah di temukan, contohnya saja mesin jahit juki,mesin jahit portable,Mesin jahit juki pun bervariasi,begitu pula dengan mesin jahit portable.ada mesin jahit mini portable 1 benang dan mesin jahit mini portable 2 benang,dll.Dari ukurannya pun mesin jahit ada yang mesin jahit besar,mesin jahit sedang,dan mesin jahit mini.Berdasarkan harganya pun mesin jahit ada yang mesin jahit mahal da nada yang mesin jahit murah.Mesin jahit sendiri penemunya adalah Sir Isaac Merrit Singer dari Inggris dan Elias Howe dari Amerika dan ditemukan pada tahun 1850. Singer adalah sebagai pencipta mekanisme gerakan mesin mulai dari pedal sampai mekanisme turun naik jarum, sementara Howe pencipta mekanisme penjahitannya.
Mesin Jahit berdasarkan cara kerjanya dikelompokan menjadi tiga kelompok yaitu: Mesin jahit mekanik yang operasionalnya masih manual, Mesin jahit komputer dan mesin jahit listrik.
Tetapi dalam hal segi karakter dan fungsinya, mesin jahit dibedakan menjadi beberapa tipe dan varian, yaitu: Mesin jahit 1  benang atau single needle, mesin jahit 2 benang atau double needle, mesin obras atau overlock, mesin pasang kancing, mesin lubang kancing dan yang terakhir mesin Zigzag dan semua mesin tadi saling berkesinambungan untuk membuat sebuah busana.

Cara perawatan mesin jahit
Sebagai seorang penjahit atau orang yang hobi menjahit, merawat mesin jahit adalah sebuah keharusan. Seperti halnya mesin mobil atau motor, mesin jahit juga harus dirawat, kalau perlu dilakukan tune up berkala. Berikut ini adalah sedikit tips dalam merawat mesin jahit supaya awet dan tidak cepat rusak :
1. Setelah selesai menjahit, segera bersihkan mesin dari sisa-sisa benang atau potongan kain. Untuk membersihkannya bisa menggunakan kuas kecil, kalau aku biasa menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot sisa-sisa kain yang masuk kedalam sela-sela meja mesin jahit (distributor mesin jahit). Selain bermanfaat agar mesin tetap bersih, sisa-sisa potongan kain dan benang bisa menggangu kesehatan/pernapasan, khususnya bagi anak-anak loh.
2. Mesin jahit terdiri dari bagian-bagian yang sering bergerak dan saling bergesekan, untuk mencegah aus, berilah minyak khusus mesin jahit (distributor mesin jahit |rajamurah). Jangan gunakan sembarang minyak seperti minyak sayur sebab bisa menimbulkan karat dan kerusakan.Khusus untuk mesin jahit multifungsi, biasanya ada tombol/knop yang bisa diputar-putar untuk memilih model jahitan, nah biasanya gigi-giginya perlu di olesi gemuk/vaseline supaya tidak cepat aus. Aku biasa meminyaki mesin jahit seminggu sekali.
3. Untuk komponen suku cadang biasanya jarang sekali rusak, tapi jika sudah saatnya diganti, segeralah di ganti/di servis.Misalnya pisau mesin obras yang sudah tumpul atau karet dinamo yang sudah getas/pecah-pecah dan mesin dinamo yang sudah lemah.Bila tidak cepat diganti, akan mempengaruhi kualitas jahitan mesin tsb, misalnya potongan obras yang tidak bagus.


4. Nah kalau mesin jahit (distributor mesin jahit) sudah rusak dan kita tidak bisa memperbaikinya sendiri, segera bawa ke tukang servis,atau bisa juga menghubungi tukang servis panggilan.Tapi sama halnya dengan dokter, ternyata tukang servis mesin jahit itu cocok-cocokan juga loh.Tunggu postingan berikutnya untuk mengetahui tempat servis mesin yang biasa aku gunakan diseputaran Bintaro.


.